BIOGRAFI IMAM AL GHAZALI
Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam Al Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al Ghazali, yang terkenal dengan Hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau
dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang
pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama,
mempunyai semangat keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya
kepada ‘ulama dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi
nasehat kepada umat.
Itulah
sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam Al Ghazali) dan
saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya,
seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun
dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa
rendah atau malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan
seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai
seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456).
Pendidikan
dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan
imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada
ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di
lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau
belajar pada teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu
lagi memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah
untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam
(al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari,
antara lain :
a. Shahih
Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan
Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid
An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih
Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al
Ru’asai.
Begitu
pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli (ushul al din)
ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf. Santunan kehidupan sebagaimana
lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada imam Kharamain, beliau dalam
belajar bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab, khilaf (perbedaan
pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah, imam Kharamain
menyikapinya sebagai lautan yang luas.
Setelah
imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di
Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith,
al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab
al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah,
syifaal alil fi bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara
tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain
dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan.
Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat
kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf
kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan
dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur
itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali menjadi pembahas paling pintar di
zamanya. Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun
kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya
sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau
memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri sultan
Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di Naisabur
ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad
Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah
gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk
berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk
berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin
populer dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al
Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan
salam bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di madrasah dengan
tekunnya imam al Ghozali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran
al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya terhadap
filsafat terbukti dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al
falasiyah.
Pada
tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap
ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaanya
dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita penyakit selama
dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak dapat
menjalankan tugasnya sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya
beliau meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun
imam al Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan
mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan
ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Sepulang
dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus,
disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai berlangsung
selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya yang terkenal ”
ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan kembali
ilmu agama).
Karena
disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang selam
dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh
untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1
desember 1111 M.
Abul
Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad
saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan
melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku
kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya,
beliau berkata ” Aku mendengar dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan
kakinya dan menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu
meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari
senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al
Tabiran, ibu kota Thus.
Guru
dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam
al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya
guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu
Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan
kitab shohih bukhori.
2. Abul
Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi
daud.
3. Abdullah
Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid
an nabi.
4. Abu Al
Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih
Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan
demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang tasawuf
saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan
kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
Murid-Murid
Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah
nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu
Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu
Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau
bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau
bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al
wushul.
3. Abu
Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu
menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga
mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu
Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H).
Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu
Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al
Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al
Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi
(w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu
Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh
pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al
wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu
Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim
al ghibah.
Dengan
demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid beliau
kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi ulama
besar dan pandai mengarang kitab.
Karya-Karya
Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al
Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para
filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2.
Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran
para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di
landa keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para
filusuf dengan keras.
3.
Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria
ilmu-ilmu).
4.
Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali
ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa
tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan
Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat
dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al
Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta
jalan mencapai tuhan.
6.
Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang
nasional)
7.
Miskyat al anwar (lampu yang bersinar),
kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8.
Minhaj al abidin (jalan mengabdikan
diri terhadap tuhan).
9.
Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi
dalam aqidah).
10.
Ayyuha al walad.
11.
Al musytasyfa
12.
Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13.
Mizan al amal.
14.
Akhlak al abros wa annajah min al
asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15.
Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16.
Al washit (yang pertengahan) .
17.
Al wajiz (yang ringkas).
18.
Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah
(jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk
(barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20.
Al mankhul minta’liqoh al ushul
(pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al
mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar
serta cara-cara penglihatan).
22.
Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan
anak di dalam islam)
23.
Tahzib al ushul (elaborasi terhadap
ilmu ushul fiqiha).
24.
Al ikhtishos fi al ‘itishod
(kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25.
Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam
menafsirkan al qur’an).
Kesetiaan
Imam Al Gazhali Kepada Gurunya.
Walupun
kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya dan
tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum
al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk,
perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al-
nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M).
Setelah
gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk
berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk
berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini, namanya
semakin populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini
dijelaskan dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di madrasah
dengan tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama
pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa. penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al Falasifah.
Demikianlah Biografi Imam Al Ghazali
Semoga Bermanfaat, Terima Kasih
Dibuat Oleh : Amanah Cengkeh Padang
Demikianlah Biografi Imam Al Ghazali
Semoga Bermanfaat, Terima Kasih
Dibuat Oleh : Amanah Cengkeh Padang
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
ReplyDeletehanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)